Arif Widianto

6 Tahun Bolasalju

Kemarin, 1 Desember 2016, Bolasalju merayakan 6 tahun kehadirannya di dunia maya. Iya, masih di dunia maya saja pengejawentahannya. Kalau ada kesempatan Bolasalju bisa juga hadir di media lain, juga di dunia nyata.

Berawal dari niat berbagi untuk menguji teori investasi nilai dalam sebuah langkah investasi nyata. Dari catatan, lalu bertambah panduan, kemudian muncul riset emiten dan analisa, dan ratusan tulisan telah terbit.

Lima tahun pertama, Bolasalju adalah proyek iseng dan rahasia, yang saya lakukan sambil bekerja di bidang lainnya. Baru pada 2015 saya membuka identitas sebagai pengelola dan pendiri Bolasalju. Setelah Digdaya ditutup, dan juga hal lain, per September 2016 lalu saya mulai serius dengan Bolasalju.

2016-bolasalju-6-tahun

Untuk merayakannya, Bolasalju akan menerbitkan sebuah buku digital pertama kami, Cerdas Berinvestasi. Buku ini adalah panduan dasar untuk memahami, mempelajari, dan memutuskan langkah investasi yang tepat bagi semua orang. Tertarik? Silakan masukkan nama dan email Anda di kotak pendaftaran di tautan ini: http://forms.sendpulse.com/3a0a852336/

10 pendaftar beruntung akan mendapatkan buku ini. Gratis!


Nama Bolasalju terinspirasi dari biografi Warren Buffett, The Snowball. Saya setuju investasi itu mirip seperti bola salju yang terus menerus bertambah besar. Investasi akan semakin besar selama kita menggelindingkannya ke arah dan medan yang turun dan masih penuh salju segar. Saya berharap Bolasalju menjadi jalur investasi yang positif bagi investor Indonesia.

Pada awalnya saya mencatat aktivitas aktual dari kegiatan investasi di pasar saham. Saya mencatat kenapa tertarik pada sebuah emiten, kenapa tidak emiten lain, ketika saya mulai investasi di emiten, juga ketika menjual emiten tersebut. Saya mencatat rutin niat awalnya sebagai rekaman pribadi. Tapi kemudian ketika saya buka ke publik, saya pikir hal itu akan berguna juga buat orang lain, juga buat saya sendiri agar tidak membohongi diri sendiri. Saya ingin menguji teori investasi nilai yang selama ini saja pelajari lewat jaringan investor nilai (value investor) seperti Warren Buffett, juga gurunya Ben Graham, yang menulis buku investasi terkenal, The Intelligent Investor. Ternyata langkah investasi sejak 2010 berbuah manis.

Selain catatan, akhirnya saya juga menulis materi edukasi investasi saham seperti panduan mengenal investasi, memahami laporan keuangan, mencari emiten yang bagus, juga mengenal berbagai metode dan analisa investasi lainnya. Lalu hadir pu;a analisa emiten, rencananya seluruh emiten di bursa akan saya ulas. Ratusan tulisan telah hadir di Bolasalju.

Lewat berbagi di Bolasalju saya belajar banyak. Ada kesuksesan besar, bahkan dari satu emiten saya pernah mendapat untung lebih dari 500%. Juga ada banyak kegagalan. Dan, banyak kisah lainnya. Melalui Bolasalju, saya makin memantapkan diri menggeluti dunia investasi nilai. Sampai saat ini rasio keuntungan investasi selama 6 tahun sekitar 590%, atau 29,03% bila disetahunkan secara majemuk. Angka yang fantastis mengingat pada periode sama IHSG hanya mampu naik 204,91% (10,79% bila disetahunkan), hingga akhir November 2016.

Lewat berbagi di Bolasalju, saya masih terus belajar karena setiap saat ilmu investasi saya selalu diperbarui dan diingatkan terus. Dari Bolasalju, bila semula saya adalah investor nilai terdiversifikasi dengan portofolio sampai 10 emiten, saat ini saya lebih nyaman dengan jumlah emiten sedikit, sekitar 5 saja. Saya saat ini lebih pro-konsentrasi ala Munger, meski masih belum berani melepas beberapa saham lama yang sudah untung besar. Saya kadung cinta sama bisnis mereka. Padahal ini hanya 5 emiten saja!


Sejak awal September 2016 lalu, saya kembali mengaktifkan situs setelah vakum beberapa saat. Ternyata respon pembaca setia Bolasalju masih positif. Pengunjung kembali bertambah. Pada tahun 2011, Bolasalju dilihat sekitar 13 ribu kali, dalam setahun. Enam tahun kemudian, Bolasalju dilihat lebih dari 20 ribu kali dalam satu bulan, semua dari sekitar 10 ribu kunjungan. Kritik dan saran kembali memenuhi kotak surat saya. Terima kasih untuk semua dukungannya.

Saya masih punya banyak mimpi lewat Bolasalju. Saya ingin menghadirkan materi edukasi yang lebih menarik, sehingga Bolasalju mampu mengedukasi lebih banyak orang untuk cerdas berinvestasi, dan lebih khusus investasi di dunia saham. Investor pasar saham di Indonesia saat ini masih setengah juta orang. Investor reksadana juga tak jauh dari itu. Saya masih punya mimpi 20 tahun nanti jumlah investor bisa tumbuh hingga 10% penduduk Indonesia atau sekitar 25 jutaan orang. Saya akan bahagia bila Bolasalju terlibat dalam upaya menyediakan edukasi, data, dan analisa investasi yang baik.

Semoga kami bisa menjadikannya nyata.