Arif Widianto

Dalam Berita Liputan6

Ini berita yang ketinggalan, maklum habis liburan pulang kampung. Kegiatan saya di TopCoder Open diliput di Liputan6 beberapa waktu yang lalu. Gara-gara teman saya Andi cerita ke temannya, ah inilah publisitas.

Beberapa fakta:
1. Lulusan STM itu memang menarik ya? Hahaha
2. Sedikit koreksi, dalam narasi disebut saya tidak punya latar belakang informatika, ini salah. Saya memang lulusan STM, yaitu STM Telkom Shandy Putra, Malang, jurusan Elektronika Informatika. Jadi saya punya latar belakang informatika. Saya tahu dan mengenal komputer, belajar Teori Digital, bahasa pemrograman, dan aplikasi komputer ketika sekolah di sini.

Lulusan STM Juara Merancang Situs

Liputan6.com, Jakarta: Keterbatasan pendidikan formal bukan halangan untuk berprestasi dalam bidang teknologi tinggi di tingkat dunia. Arif Widianto contohnya, pria yang akrab disapa Oton ini tak punya gelar sarjana tapi menjadi pemenang kejuaraan dunia merancang situs dunia maya.

Oton meraih juara dua dalam Topcoder 2007 sebuah kompetisi pemrograman komputer yang diikuti peserta dari 25 negara. Walau menghadapi banyak tantangan, Oton menang dalam kategori kompetisi desain studio yang dilaksanakan di Las Vegas, Amerika Serikat, belum lama ini.

Putra seorang guru SD Jombang ini lulus Sekolah Teknik Menengah pada 1997. Oton merantau ke Jakarta dan magang di PT Indosat. Di tempat itu, suami Mulyani dan ayah Sofia Kamila ini mulai tertarik menjadi perancang situs web. Sejak itu, Oton mengembangkan diri secara otodidak.

Sekarang Oton bekerja mandiri sebagai perancang dan pengembang situs web. Dari satu proyek saja, Oton bisa memperoleh bayaran rata-rata antara Rp 7,5 sampai 25 juta.(TOZ/Mikotoro)