Arif Widianto

Dilema Orang Indonesia

Saya pikir-pikir lagi, menjadi orang Indonesia itu hebat!

Bila Anda sukses menjalani hidup di Indonesia, hidup di tempat lain pasti akan jauh lebih mudah.

Ceritanya begini, Jumat kemarin saya pergi ke kantor pajak. Setelah bertemu dengan pejabat yang bersangkut, saya utarakan maksud saya. “Intinya gini pak, bla, bla, gimana bisa dibantu tidak?” Saya ingin dibantu prosedural, karena saya tidak mengerti sama sekali urusan pajak ini.

Well, bisa. Orangnya enak, tidak terlalu usil. Jadi saya senang. Tapi yang tidak enaknya, pertanyaan sederhana saya dijawab entah kemana, lari ke masalah apa, dan kemana lagi. Waduh. Untunglah saya tahu tipsnya: 1)pura-pura mendengar dengan baik, 2)jadi orang agak blo’on sedikit; dijamin Anda mendapat layanan sempurna.

Kalau kita bersikap kita terburu-buru, kita orang sibuk, kita seperti mengerti peraturan, pasti kita akan dibuat berabe. Benar tidak?

Nah, kembali ke awal, kenapa jadi orang Indonesia hebat?

Orang Indonesia yang bisa menjalani hidup seperti di atas, menghadapi birokrasi yang tidak ramah, bisa menaklukkan lalu lintas yang super semrawut, atau aturan-aturan yang non-sense. Well, lebih hebat kan?

Saya pernah berurusan dengan pajak di AS, saya diminta mengisi TAX form untuk IRS untuk suatu penghasilan dari AS. Nah, formnya sih cuma satu lembar. Saya diminta mengisi dan kirim aja ke pihak pembayar. Tapi, untuk tata cara mengisinya, ada sebuah dokumen aturan entah berapa halaman, lebih dari 20 halaman lah.

Bandingkan dua permasalahan di atas. DI AS, formulir singkat, penjelasan luas. Di Indonesia, formulir mungkin banyak dan berlembar, tapi pengisian bisa sangat super singkat. Inilah berkah birokrasi bobrok, hehehe

Terakhir, saya pernah dengar ada pameo seperti ini, “Bila orang Indonesia habitnya itu suka telat, tidak tepat waktu, dan tidak disiplin, tapi kalau mereka bekerja di lembaga Internasional, mereka bisa berubah total. Mereka akan ikut tepat waktu, sangat disiplin, dan paham aturan”

Kenapa bisa begitu? Itulah hebatnya orang Indonesia.

Selamat berakhir pekan!