Arif Widianto

Indonesia di TCC07

TopCoder, perusahaan Amerika yang bergerak dalam jasa konsultasi software dengan metodologi dilombakan ini, akhir Oktober ini akan menggelar lomba tahunan lagi. Selain TopCoder Open 2007 yang diselenggarakan pada Juni lalu, lomba tahunan lainnya adalah khusus untuk peserta yang masih aktif sebagai mahasiswa (S1-S3). Lomba ini disebut TopCoder Collegiate Challenge 2007 (TCC07).

Seperti biasa, lomba tahunan TopCoder terdiri dari empat kategori: a) Algoritma; b) Component (yang dibagi dua: Design dan Development); c) Marathon Match; dan d) Studio Design Competition.

Nah, posting ini bukan sekedar informasi tentang lomba TopCoder, meski hal itu tentu saja menarik. Lebih menarik lagi, dari lima kategori lomba TopCoder Collegiate Challenge 2007, tiga kategori sudah pasti akan diikuti oleh peserta dari Indonesia.

Untuk lomba kategori Component Design akan diikuti oleh bramandia, sedang kategori Component Development enefem21 bakal bertarung lagi (TCO2007 dia juga ikut). Peserta lebih banyak ngumpul di Studio Design, di mana dari 8 pemimpin kompetisi, 3 orang dari Indonesia, termasuk pemimpin kompetisi abedavera. Peserta lain adalah Tricia_Tjia (kembali ikut setelah berhasil nomor 3 pada TCO2007 lalu), dan oton (ini adalah alias saya).

Sebagai catatan, Indonesia kali ini masuk sebagai negara 5 besar jumlah terbanyak di TCCC. Semoga semakin tahun semakin baik.

Selamat bertanding di TCCC07!